Minggu, 28 November 2010

Manusia dan pandangan hidup

Pandangan hidup merupakan bagian dari kehidupan manusia. Dimana bisa dikatakan bahwa pandangan hidup adalah tujuan hidup, cita-cita, arah hidup si manusia itu sendiri. Tidak ad seorang pun yang hidup tanpa pandangan hidup meski pun tingkatannya berbeda-beda.

Pandangan hidup akan memberikan citra terhadap seseorang, menggambarkan pola pikir seseorang tersebut. Sifat pandangan hidup elastis, bergantung pada ”sikon” atau situasi dan kondisi, tidak selamanya bersifat prinsifil atau hakiki.

Macam-macam pandangan hidup berdasarkan sumbernya:

  1. pandangan hidup yang bersumber dari agama, ini bersifat mutlak.Contoh saja pandangan hidup orang muslim, yang bersumber dari Alquran dan sunnah (sikap, perkataan,dan perbuatan Nabi Muhammad SAW). Bisa dikatakan pandangan hidup orang muslim adalah setia.
  1. pandangan hidup yang bersumber dari ideologi, merupakan abstraksi dari nilai-nilai budaya suatu Negara.
  2. pandangan  hidup yang bersumber dari hasil perenungan seseorang sehingga dapat merupakan ajaran atau etika untuk hidup, misal saja aliran-aliran kepercayaan.

Pandangan hidup juga bisa muncul berasal dari pengalaman-pengalaman hidup seseorang. Yang membuat seseorang terinspiratif terhadap suatu hal dan menjadikannya sebuah obsesi yang dapat membangun semangatnya dalam menjalani hidup dan mewujudkan cita-citanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar