Kamis, 24 Februari 2011

PSIKOLOGI DENGAN ILMU MATEMATIKA (STATISTIK)

Mungkin telah lama kita akrab mendengar pelajaran hitung-menghitung yang lebih dikenal lagi adalah matematika. Ilmu matematika ini sangat banyak kegunaannya di aktivitas kehidupan sehari-hari, dan matematika juga dapat di dikaitkan dengan ilmu lainnya seperti ilmu penerbangan, tehnik,hukum,arsitektur,farmasi,politik,dan juga Psikologi.

Nah, disini saya ingin mencoba menjelaskan atau memberikan gamabaran hubungan antara ilmu matematika dengan ilmu psikologi.

Himpunan, Vektor (fisika_matematika), statistic, logika dll adalah bagian dari ilmu matematika yang bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Manusia mengalami proses berfikir, berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam pengambilan keputusan, berpendapat, memecahkan masalah dll. Dan ilmu matematika juga sangat berpengaruh didalam aktivitas tersebut, pada dasarnya setiap individu di tuntun untuk mempelajari ilmu logika dalam matematika adalah agar dapat berfikir logis dan cermat dalam mengatasi masalah-masalah yang ada, namun kemampuan berfikir(bernalar) seseorang lah yang dapat menentukan sampai seberapa sanggup seseorang itu berfikir untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

STATISTIK dalam ilmu psikologi
peranan statistika dalam psikologi lebih jauh, Statistika sebagai bahan perencanaan,
Statistika sebagai bahan monitoring, Statistika sebagai bahan evaluasi.
penerapan ilmu statistik dalam ilmu psikologi adalah dengan metode wawancara(dengan kuesioner didalamnya terdapat pertanya-tanyaan sehubungan dengan apa yang akan di teliti).
contoh. Bagaimana kita mengukur sisi kepribadian seseorang dilihat dari gaya kepemimpinannya. Dimana kita tahu, Peran kepemimpinan menuntut seorang pemegang jabatan untuk mempengaruhi bawahan, rekan sejawat atau atasan untuk melakukan tindakan dengan cara tertentu, dan bukan dengan cara lain. Setiap orang mengembangkan gayanya sendiri dalam mempengaruhi orang lain, yang dirasakan paling nyaman dan cenderung memberikan hasil yang paling baik baginya.

Kemudian, Semua pertanyaan yang diajukan dijawab oleh narasumber dan diteliti melalui standart perhitungan dalam ilmu statistik. Hasil dari perhitungan statistik tersebut Bisa atau dapat digambarkan dalam angka atau
pun diagram.

sumber : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar